Let's Study

Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

  • on Sabtu, 19 November 2011
  • Musuh terbesar dalam diri kita adalah malas. Apalagi jika disertai rasa kantuk. Jam terakhir untuk kelas IPA adalah matematika, kelas IPS adalah sosioogi, dan kelas bahasa adalah sastra. Pada jam terakhir siswa hanya memiliki kurang dari setengah persen semangat untuk belajar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aktifitas yang telah dilakukan. Ketika rasa kantuk datang coba beberapa tips berikut.


    1. Belajar di luar kelas. Cara ini yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan ketika belajar pada jam terakhir.
    2. Senam ringan. Senam ringan ini bisa dilakukan sambil berdiri. Untuk senam ini tidak ada cara khusus. Semua guru bisa membuat koreografi sediri. Misalnya senam jari, senam mulut, dll.
    3. Berilah sedikit kebebasan kepada siswa. Misalnya boleh makan permen ketika belajar, boleh mendengarkan musik ketika menyalin catatan (tidak terlalu keras), dll.
    4. Selingi dengan memberi motivasi kepada siswa asal porsinya tidak berlebihan.
    Selamat mencoba.

    dikutip dari http://laraasih.com

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti, saran maupun kritik sangat diperlukan demi kemajuan blog ini ^_^